9
Posted on Monday, February 02, 2009 by Aulia R.N. and filed under

Kemaren saya sudah cerita bagaimana beratnya perjuangan mendapatkan Windows 7 beta. Dari mulai instalasi yang gagal gara² file yang rusak, sampai dengan hilangnya partisi sistem Windows Vista saya. Sekarang, Windows 7 versi beta sudah terpasang dengan indah di laptop saya. Sejauh ini saya cukup puas dengan apa yang ditawarkan Microsoft disini. Proses booting, restart, dan shut down memang terasa lebih cepat dari Vista. Beberapa driver hardware seperti video card dan audio card di laptop saya juga langsung teridentifikasi dengan baik sehingga saya tidak perlu menginstalnya lagi. Windows 7 juga terasa lebih lincah dan cepat saat digunakan. Sebagian user menyebutnya: seindah Vista, secepat XP. Beberapa bugs memang masih terasa seperti file MP3 yang corrupt saat diputar di Windows Media Player 12 atau Gadget (Sidebar) yang tidak mau keluar karena saya mematikan fitur User Account Control (UAC). Diluar dari itu, kekurangan² di versi beta ini nyaris tidak saya rasakan. Serasa menggunakan sistem operasi yang sudah tahap final. Oke, kali ini saya akan bahas 10 fitur baru yang merupakan kelebihan Windows 7 yang tidak ada pada Windows versi sebelumnya. Mari kita berkenalan lebih jauh dengan calon anggota baru keluarga Windows ini.


  • 1.Superbar

Hal pertama yang paling terasa saat melihat tampilan desktop Windows 7 adalah Taskbarnya yang berbeda. Taskbar pada Windows 7 lebih besar. Setiap kita membuka jendela aplikasi, yang tampil di taskbar hanyalah icon besar dari aplikasi tersebut, bukan lagi seperti di Vista yang menampilkan icon dengan keterangan nama aplikasinya. Tapi justru taskbar pada Windows 7 terasa jauh lebih powerful, useful, dan tentu saja mengasyikkan. Taskbar disini didesain untuk memudahkan pengguna dalam mengorganisir jendela² yang sedang dibuka. Kalo di Vista kita hanya bisa melihat tampilan kecil dari jendela yang ada di Taskbar (windows preview), di Windows 7 kita bisa melihat langsung jendela yang ada di desktop hanya dengan meletakkan pointer disalah satu windows preview. Kita juga bisa mengontrol navigasi Windows Media Player seperti play, pause, forward, hanya dari windows preview. Saat mencoba Windows 7, kemampuan taskbar model baru ini sangat memudahkan saya. Saya tidak perlu mengklik salah satu jendela di taskbar untuk melihatnya, cukup meletakkan pointer di windows preview jendela yang ingin kita lihat. Konon taskbar terbaru ini disebut dengan superbar. Sebenarnya Apple dengan Macintosh-nya sudah jauh lebih dulu menerapkan gaya ini, dan saya cukup senang Microsoft bisa menerapkannya juga di Windows mereka.

  • 2. Aero Snap

Salah satu fitur baru di Windows 7 yang cukup menarik selain Superbar adalah Aero Snap. Kita cukup menggeser salah satu jendela yang terbuka kesudut atas desktop untuk maximize windows. Untuk minimize atau mengembalikannya seperti semula, geser lagi jendelanya ke bawah. Kalo kita menggeser salah satu jendela kekiri atau kekanan, maka jendelanya akan menjadi setengah layar desktop, ini sangat berguna jika kita sedang bekerja dengan 2 jendela, jadi tidak perlu lagi bolak balik dari satu jendela kejendela yang lain. Sebenarnya fitur ini sudah ada di sistem operasi berbasis Linux. Dan sekali lagi Microsoft bisa menerapkannya dengan indah di Windows.

  • 3. Aero Shake

Ini juga fitur yang menarik bagi saya. Jika di desktop kita banyak jendela aplikasi yang terbuka sehingga membuatnya terlihat berantakan, cukup goyangkan (shake) salah satu jendela, maka jendela lain yang terbuka akan minimize secara otomatis. Jadi tinggal 1 jendela yang kita pilih tadi. Cool bukan?

  • Aero Peek

Letakkan pointer disudut paling kanan taskbar (disebelah jam dan tanggal), secara otomatis semua windows yang terbuka jadi tembus pandang dan kita bisa mengintip desktop dengan seutuhnya. Fitur ini disebut juga Desktop Preview.



  • 5. Themes

Pengaturan tema di Windows 7 terasa lebih menarik dan mudah. Kita diberi pilihan tema dimana wallpaper dan warna jendelanya (aero-glass) sudah disesuaikan. Jadi komposisi warna wallpaper menyatu dengan warna jendela. Kita juga bisa merancang tema sendiri. Pilih wallpaper yang kita inginkan, atur warna jendelanya, lalu save. Wallpaper di Windows 7 juga bisa dibuat slideshow. Jadi tampilan wallpaper bisa berubah sesuai waktu yang kita tentukan.

  • 6. Applications.

Tidak seperti Vista, Windows 7 datang dengan sedikit aplikasi didalamnya. Mungkin Microsoft ingin membuat Windows 7 terlihat lebih clean tanpa banyak aplikasi seperti di Vista. Mereka juga mungkin menyadari bahwa para pengguna belum tentu menginginkan atau memerlukan semua aplikasi yang ditawarkan. Aplikasi yang tidak disertakan di Windows 7 diantaranya: Windows Mail, Windows Messenger, Movie Maker, dan Windows Photo Gallery. Jika user menginginkan aplikasi tersebut, mereka bisa mendownloadnya melalui Windows Live Essentials. Aplikasi standar yang diberi tampilan baru adalah Paint dan Wordpad. Kedua aplikasi ini kini menggunakan gaya interface ribbon seperti yang ada pada Microsoft Office 2007. Penggunaanya terasa lebih mudah dan tentu saja enak dipandang mata. Windows 7 beta ini sudah dikemas dengan Internet Explorer 8 beta yang saat ini sudah bisa didownload dan dicoba. Menurut pengalaman saya menggunakan IE8 beberapa hari ini, terasa sekali kemajuannya dari versi sebelumnya. Browser terbaru Microsoft ini terasa lebih cepat, bahkan mungkin lebih cepat dari Firefox. Integrasinya dengan superbar benar² memukau. Kita bisa melihat tab dan jendela IE yang terbuka hanya dengan meletakkan pointer di windows preview IE.

  • 7. Jump List

Cara kerja fitur baru ini: klik kanan pada salah satu aplikasi yang ada di taskbar, maka akan muncul daftar file² yang baru saja kita buka atau mainkan. Misalnya kita baru memainkan beberapa lagu di Windows Media Player 12, lalu kita hapus dari playlist. Untuk memainkan lagu yang tadi secara cepat, klik kanan pada icon Windows Media Player di taskbar, akan muncul lagu² yang baru saja kita mainkan tadi. Tinggal klik salah satu untuk memainkannya.





  • 8. Gadgets

Gadget atau yang dulu di Vista di sebut sidebar juga bisa kita dapatkan di Windows 7. Bedanya gadget di Windows 7 bisa kita letakkan di area desktop dimanapun kita mau. Ini sangat memudahkan kita mengatur gadget² favorit kita. Kalo di Vista posisi gadget defaultnya berada disisi sebelah kanan, meskipun posisinya juga bisa dipindahkan.



  • 9. Start Menu

Tampilan start menu di Windows 7 sangat mirip dengan Vista. Bedanya ada pada recently opened programs, yaitu aplikasi yang baru kita buka. Disana akan terlihat file² yang baru kita buka dari setiap aplikasi, sama dengan jump list yang ada di taskbar. Fitur ini memudahkan kita kalo ingin kembali membuka file yang baru saja dimainkan. Dibagian bawah, tombol shutdown dibuat jadi minimalis. Hanya ada satu pilihan seperti shut down, atau restart, atau log off, tergantung yang kita inginkan. Kalo ingin mengakses opsi shutdown yang lain, tinggal klik tanda panah disebelahnya.

  • 10. Control Panel

Ada perubahan yang dilakukan Microsoft di control panel. Pilihan pada control panel menjadi lebih banyak jika kita memilih show all panels. Bagi sebagian user mungkin tampilan seperti ini membingungkan. Tapi sebenarnya justru dengan lebih banyak panel, kita jadi lebih mudah memilih karena pilihan yang disediakan lebih spesifik dan lebih fokus. Menurut saya control panel di Windows 7 ini sangat intuitif.


Segitu dulu review saya tentang Windows 7, meskipun sebenarnya masih banyak fitur² baru yang ditawarkan disini. Tapi 10 poin yang saya jabarkan diatas merupakan fitur² yang paling menonjol dari semuanya. Lain waktu saya akan review lagi fitur² baru lainnya. See you later :)

9
Responses to ... Windows 7: Kesan Pertama Begitu Menggoda...
subhanhouse.com said... February 3, 2009 at 7:28 AM

wah, kita lg coba sm2 w7.
thanks infonya gan,...
@salam kenal

hielmy said... February 3, 2009 at 10:46 PM

kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya biasa saja :D

er2m said... February 3, 2009 at 10:56 PM

wuih, tu eksplor sendiri ya fitur2nya? mantap2... aero shake tu cool kayanya...

Aulia R.N. said... February 4, 2009 at 12:00 AM

@subhanhouse: sipp... sama2 kalo gitu mas :)

@hielmy: hahaha... bener bgt mas :P

@er2m: yoi bro, skalian liat2 review blogger lain jg. aero shake emg cool bro hehe

Anggie Sukarno said... February 8, 2009 at 2:12 PM

Windows vista atau bahkan 7 tampilannya sangat eye-catching. Tapi bagaimana dengan penggunaan dan pengelolaan Resource? Saya pernah tidak menggunakan produk Windows Vista karena terlalu memakan banyak resources untuk animasi seperti itu. Mudah2an seri 7 ini tidak boros resources seperti Vista deh,hehe :D

Mr_Ilham said... February 10, 2009 at 12:51 PM

mantap

Aulia R.N. said... February 13, 2009 at 3:30 AM

@Anggi Sukarno: kalo masalah resource sprtinya microsoft sudah bs menerapkan manajemen RAM yg lebih baik,sehingga windows 7 ini tdk mengkonsumsi terlalu byk resource. Setiap proses terasa jauh lelih ringan dr vista :)

@Mr_Ilham: tengkyu atas kunjungannya mister :)

suaracahaya said... February 16, 2009 at 1:46 PM

Thanks buat reviewnya dan gambar2nya yang bikin ngiler :D
Sudah setengah tahun saya tinggalkan si jendela, mungkinkah edisi baru ini kembali membuat hati saya terpincut? He he...
Oh ya, gimana sih statistik virus di Windows Vista sekarang? Sama aja dengan kakaknya si XP ya?
Setengah tahun ini saya terbebas dari beban pervirusan... gimana ya dengan Win7 nanti..

RYU said... April 7, 2009 at 10:29 AM

Pastinya testinngnya pake bajakan :)

Post a Comment